Mahasiswa Baru, ke Mana Arahnya

Sumber gambar: www.freepik.com

Oleh: Dhahrul Mustaqim

Bulan ini memang bulan yang penuh barokah bagi seorang mahasiswa baru atau yang sering disebut dengan MABA. Karena mereka diberikan kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikannya sampai di perguruan tinggi.

Nah, sebagai mahasiswa baru, apa yang harus dilakukan? Ya tentunya adalah mengikuti ospek. Iya dong, karena ospek adalah gerbang awal masuk kampus. Jika kalian tidak ikut ospek mending gak usah kuliah lah, toh nanti sertifikat ospek juga bakalan di tagih kampus saat mau ujian skripsi.

Santai saja, jangan terlalu dipikirkan. Kuliah itu santai kok, asal jangan kesantaian, takut nantinya kuwalat, bisa rugi di masa semester akhir soalnya.

Selain ospek, kalian juga wajib mengisi KRS lho. Kuliah mau apa kalau tidak KRS-an. Ya mending bobok cantik di rumah, sambil cari makan buat sapi.

Bercanda saja, jadi mahasiswa baru harus benar-benar serius dalam melakukan proses kuliah. Ada beberapa hal yang harus diketahui dan harus dihindari.

Baca juga: M. Yunus Abu Bakar Pendidikan Ada Relevansinya dengan Pekerjaan

Kuliah karena mencari ijazah. Ijazah saat ini memang perlu. Orang pintar tanpa ijazah, gak bakal di anggep, percayalah. Orang bodoh ada ijazah, kemungkinan besar dianggap oleh banyak orang. Orang pintar, dianggap. Hayo pilih mana.

Kuliah karena dipaksa orang tua. Ini menjadi persoalan yang besar bagi mahasiswa baru. Kemungkinan besar ini disebabkan oleh faktor ekonomi atau memang murni orang tua menginginkan anaknya tidak rekoso seperti orang tuanya. Sehingga orang tua memaksa anaknya untuk kuliah. Dan biasanya, anak tersebut cenderung malas kuliah karena ada rasa paksaan dari dirinya.

Kuliah karena ingin dapat gelar. Santai saja, di manapun kalian kuliah pasti dapat gelar kok, asalkan kuliah kalian sampai selesai ya. Gelar itu bisa dikatakan penting juga bisa dikatakan tidak penting. Santai bro, gelar itu adalah sebuah hadiah. Maka dari itu seriuslah ketika menjalani kuliah, cari ilmu itu yang ikhlas, jangan terburu-buru, bahaya jadinya. Salah-salah ilmu uang didapat hanya separo-separo, karena kuliah tapi niatnya salah.

Huft...capek ya ngomong terus gini. Eh iya, ada rekomendasi nih buat mahasiswa baru STITMA Tuban. Untuk menghilangkan penat, bosan, malas saat kuliah mungkin dengan mengikuti beberapa UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa mungkin bisa mengobatimu sobat. Apa saja itu. Tenang dulu jangan terburu-buru, ingat ya.

UKM Mapala El Heera. Disini kalian bisa belajar bagaimana cara mencintai alam "Hablum Minal Alam". Sebagaimana kalian mencintai si do'i, ciyee. Bercanda ah, biar gak sepaneng.

Selain itu kalian juga akan sering-sering diajak muncak ke gunung lho. Melihat indahnya pemandangan alam dari ketinggian.

UKM Lembaga Pers Mahasiswa (LPM). Minat di bidang kepenulisan, gabung saja di LPM. Bebas bro, mau nulis apa saja bebas, kayak tulisan ini, mau mengkritisi juga bisa, mau nulis apa saja bisa, asalkan tidak mengandung unsur SARA.

Karena ini adalah peran media kampus/wartawan kampus yang sudah dilindungi oleh Undang-undang sebagaimana wartawan pada umumnya.

Eh iya, orang nembak juga bisa lho dengan kata-kata/tulisan yang manis tapi pasti lho ya biat si do'i makin sayang. Yang penting bukan php lho.

Baca juga: Mahabbah

UKM Saung Artma. Kalau cintanya sama musik sudah beda lagi nih ceritanya. Disini kalian akan belajar untuk mengenal musik lebih dalam, jadi kalau main musik tidak asal-asalan. Di situ ada tekniknya yang akan diajarkan di Saung Artma.

Pecinta musik? Gabung saja, gitu aja kok repot.

UKM Pramuka. Seorang pemimpin mungkin belajarnya dari sini nih. Karena disini di Pramuka diajarkan kepemimpinan. Bagaimana kita memimpin keluarga, memimpin organisasi, memimpin seseorang yang perlu dipimpin, apalagi mimpin si do'i. Halah, si do'i terus yang muncul.

UKM Pramuka mengajak kalian untuk belajar mandiri. Nyatanya ada kemah, jauh dari rumah, dari orang tua, dari kampus, dari si do'i, tujuannya apa, untuk mendidik mahasiswa lebih mandiri.

Bagaimana tidak, waktu kemah, disuruh masak sendiri, mandi sendiri, makan bareng, terus banyak lagi dah pokoknya.

Eits,,, satu lagi. Kalian juga bisa gabung di organisasi HIMA PRODI lho. Sementara ini ada HIMA PRODI, PAI, PGMI dan PIAUD. Atau mungkin bisa ikut di BEM kalau, tapi kalau ada waktu lho.

Selain itu ada juga organisasi ekstra kampus, ada PMII dan PKPT IPNU-IPPNU.

Sudah tahu perbedaan di antara keduanya. Kalau belum tahu, mending diikuti saja dulu, kalau nyaman lanjutkan, kalau tidka nyaman tinggalkan. Atau mungkin kalau tidak nyaman, silakan dipaksa untuk nyaman meskipun tersiksa, tapi lama kelamaan juga akan nyaman dengan sendirinya, dengan catatan, yang sabar.

Nah, dari tulisan itu bisa diambil kesimpulan, bahwa sudah jelas ke mana arahnya mahasiswa itu. Khususnya mahasiswa STITMA. Biar nggak bosen harus kuliah dan menerima pelajaran di kelas melulu, ada waktu dong sekali-kali untuk belajar di luar kampus gitu lho. Biar kuliah 4 tahun itu nggak sia-sia. Kuliah pulang, kuliah pulang, sampai 4 tahun.

Untuk itu, manfaatkanlah waktu kalian untuk mengikuti organisasi yang ada di kampus.

Belum ada komentar untuk "Mahasiswa Baru, ke Mana Arahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel