Bersatu untuk Maju


Oleh: Nunuk Rahmawati

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 silam, tepatnya hari ini adalah peringatan ke-91 tahun. Sumpah pemuda merupakan hasil rumusan dari Kongres Pemuda II, yang mempunyai tujuan: Melahirkan cita-cita seluruh perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Imdonesia, serta memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.
Sumpah Pemuda mengajarkan tentang nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda juga mengajarkan bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa mampu disatukan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu.

Sumpah Pemuda memuat berbagai nilai-nilai yang dapat diterapakan dikehidupan sehari-hari, seperti: gotong royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kerukunan, cinta damai, persatuan dan kesatuan, dan tanggung jawab.

Sebagai generasi penerus bangsa, sudah seharusnya kita mampu menerapkan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda. Di era 4.0 ini, dimana informasi tentang narkoba, pornografi, terorisme, dan ujaran kebencian semakin marak dan tak dapat dibendung lagi. Sudah seharusnya kita sebagai pemuda Indonesia mampu bersatu untuk mengatasi masalah-masalah yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa., bukan malah menjadi provokator untuk memperkeruh keadaan.

Seperti kasus baru-baru ini tentang pengubahan sistem pemerintahan Indonesia. Banyak oknum-oknum tertentu yang menginginkan sistem pemerintahan Indonesia berubah menjadi khilafah, sudah seharusnya kita sebagai pemuda Indonesia tidak terkontaminasi dengan paham-paham yang akan memecah belah bangsa ini. Kita seharusnya bersatu agar tidak mudah digoyahkan oleh paham-paham tersebut. Kita harus mampu menjadi filter untuk hal-hal yang berupa ujaran kebencian, permusuhan, dan lain-lain. Kita harus memperjuangkan persatuan dan kesatuan bangsa ini seperti leluhur kita terdahulu, karena tanpa perjuangan mereka Indonesia tidak akan merdeka seperti sekarang ini.  Era4.0 ini juga harus kita manfaatkan sebaik mungkin, karena di era ini kemajuan teknologi berkembang semakin pesat. Jadi, kita harus bersatu meningkatkan SDM untuk menuju Indonesia Maju.

Belum ada komentar untuk "Bersatu untuk Maju"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel