Pembuatan Berita, Diklat Jurnalistik LPM Makhibra ke-5


Reporter : Chaerul Umam

lpmmakhibra.com - Sabtu, 30 Nopember 2019 pukul 08.00 - 09.30, hari tarakhir diklat jurnalistik LPM Makhibra yang ke-5 bertempat di Guest House Palang.

Banyak materi yang telah disajikan diantara sejarah pers, teknik pembuatan tulisan lepas, dan dilanjutkan teknik penulisan berita yang dipaparkan oleh Abdur Rohim.

Abdur Rohim menyampaikan bahwa dalam menulis berita, tentu tidak lepas dari 5W+1H. Namun, setelah dikaji lebih mendalam, ternyata banyak sekali hal - hal yang harus diperhatikan dalam membuat berita.

"Didalam sebuah berita tentunya tidak lepas dari 5W+1H, tetapi setelah kita pelajari banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembutannya," ucapnya.

Piramida terbalik, apa itu piramida terbalik? Sedikit yang saya ketahui tentang piramida terbalik. Disitu dijelaskan bahwa piramida terbalik adalah dimana ketika kita membuat berita, yang harus diperhatikan adalah bagian atas (led). Dimana dibagian atas meliputi : What, Who, Where, dan When. Sedangkan bagian kedua piramida menjelaskan kronologisnya. Sementara itu, semakin kebawah berita tersebut tidak penting. Kenapa? Karena sudah dibahas diatas.

Abdurrohim juga menambahi bahwa berita juga memiliki angel (sudut pandang).
"Membuat berita juga memiliki angel (sudut pamdang. Kita bisa membuat berita dari berbagai sudut pandang yang diinginkan," imbuhnya.

Intinya, ketika seorang reporter menulis berita maka mereka harus berani bertanggung jawab atas apa yang diberitakan. [Mam]

Belum ada komentar untuk "Pembuatan Berita, Diklat Jurnalistik LPM Makhibra ke-5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel