Tips Membuat Judul Skripsi

tips memilih judul skripsi

Oleh: LPM Makhdum Ibrahim

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tentu akan berhadapan dengan skripsi, yang mana skripsi itu dianggap sebagai hal yang sakral bagi sebagian kalangan mahasiswa. Padahal sebenarnya skripsi itu tidaklah menakutkan seperti apa yang dibayangkan oleh mahasiswa. Kalau sudah terbiasa membuat karya tulis, baik berupa esai, artikel, opini maupun makalah dan bahkan jurnal, maka ketika berhadapan dengan skripsi juga akan nampak biasa-biasa saja karena sudah terbiasa.

Nah kebanyakan, banyak mahasiswa yang terbingungkan oleh judul srkipsinya sendiri, mungkin salah satu alasannya adalah karena gugup atau keburu deadline, karena judulnya dibuatkan orang lain, atau bahkan ngawur alias asal jadi tanpa memikirkan jangka panjang dalam penyelesaian skripsi.

Agar skripsi berjalan dengan lancar, maka lakukanlah tahap-tahap berikut supaya tidak merugi setelah judul skripsi tersebut diterima oleh pihak kampus.

1. Cari pokok permasalahan yang hendak diangkat

Sebelum membuat judul skripsi, usahakan untuk mencari pokok permasalahan yang ingin diangkat, cobalah untuk membuat gambaran umum tentang judul skripsimu dan tentukan arah yang jelas, mau dibawa ke mana skripsi tersebut agar tidak kebingungan saat mengerjakan skripsi.

2. Cek berapa banyak buku yang dipunyai

Ini terpenting, jangan membuat judul skripsi yang sekiranya judul tersebut membutuhkan buku-buku referensi yang sulit didapat, karena justru akan menghambat proses pengerjaan skripsi. Minimal harus ada 3 buku sebagai bahan inti atau buku primer.

3. Pilihlah metode penelitian yang diminati

Pilihlah metode penelitian yang diminati, jika suka dengan kajian pustaka agar tidak repot ke sana, ke mari maka pilihlah kajian pustaka atau library research. Kalau memang sudah menjadi seorang guru alangkah baiknya menggunakan penelitian tindakan kelas atau statistik, meskipun agak rumit.

 4. Buatlah judul skripsi yang baik dan tidak rumit

Buatlah judul skripsi yang sederhana, jangan sampai merepotkan dan membuat bingung diri sendiri. Kalau bisa buatlah satu judul skripsi saja, kemudian kembangkan judul tersebut menjadi 3 judul, agar tidak kebingungan saat salah satu judul tersebut di ACC, karena pada intinya judul tersebut sama.

5. Sebelum diajukan, mintalah saran kepada teman atau alumni

Jika bingung membuat judul skripsi, alangkah baiknya meminta bantuan teman atau alumni untuk mengoreksi judul tersebut. Asalkan satu, jangan sampai minta kepada orang lain untuk membuatkan judul skripsi, karena yang mengerjakan skripsi itu dirimu sendiri, bukan orang lain.

6. Jika sudah fiks, ajukan judul tersebut

Jika sudah fiks, silakan ajukan judul tersebut, dan berdoalah agar judul yang dibuat tersebut diterima oleh kampus.

Belum ada komentar untuk "Tips Membuat Judul Skripsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel