Breaking News

Bahas Kemerdekaan Literasi, LPM Makhibra Gelar Seminar Online Gratis

 

lpmmakhibra - Dalam upaya meningkatkan literasi dalam kampus, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Makhdum Ibrahim Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban mengadakan seminar online secara gratis dengan tema "Kemerdekaan Literasi di Lingkup Mahasiswa" melalui aplikasi zoom meeting, Senin (30/09/2021).  

Acara seminar dimulai pukul 19.30 WIB yang dinarasumberi oleh Alief Irfan Choiri. Dia merupakan salah satu alumni dari kampus STITMA Tuban 2019, yang kini kampusnya berganti nama menjadi IAINU Tuban. acara seminar nasional tersebut dipandu oleh Ninik Nur Aini selaku moderator.

Seminar nasional tersebut dihadiri oleh Moh. Zaqin selaku pembina LPM Makhdum Ibrahim IAINU Tuban, anggota LPM Makhdum Ibrahim, mahasiswa IAINU Tuban, beserta mahasiswa dari berbagai kampus yang meliputi UINSU, STAINUPA, UI Lamongan, UIN Raden Intan Bandar Lampung, Universitas Samratulangi, IAI Al-Mawaddah Warahmah dan kerennya lagi ada satu siswa kelas 12 dari Bandung. Melihat hal tersebut membuktikan masih banyaknya mahasiswa maupun calon mahasiswa yang sudah mempunyai niatan untuk memerdekakan diri dari penjajahan literasi pada dirinya sendiri. 

Ada banyak motivasi dari para peserta seminar nasional seperti halnya berkeinginan untuk menambah wawasan, bisa produktif di masa pandemi, ingin meningkatkan budaya literasi, untuk menggali informasi terkait kepenulisan, dan menambah relasi.

"Ini adalah seminar virtual yang pertama kali diadakan oleh LPM Makhibra IAINU Tuban, namun pengikutnya sangat banyak sekali" ujar Moh. Zaqin, selaku pembina LPM Makhdum Ibrahim Tuban.

Zaqin menambahkan agar LPM Makhdum Ibrahim perlu memperbanyak kegiatan literasi melalui zoom meeting dengan tema yang berbeda-beda untuk menambah semangat mahasiswa dalam dunia literasi.

“Seminar seperti ini harus sering-sering dilakukan sebagai suntikan literasi untuk teman-teman” tambahnya.

"Sebelum menuntut tulisan kita merdeka, pastikan diri kita tidak terbelenggu," jelas Alief Irfan dalam acara seminar.

Sebuah kata tersebut mempunyai arti, bahwasanya tulisan akan berkesan di hati pembaca ketika kita menulisnya dengan lapang dada, bukan dengan hati yang penuh keterpaksaan.

Sementara itu, Alif memberikan penjelasan akan arti pentingnya literasi. Dia juga mengajak mahasiswa untuk mengikuti suatu organisasi maupun komunitas yang mendalami dunia literasi. Tidak hanya itu, Alif juga membeberkan beberapa tips untuk membangkitkan semangat berliterasi.

“Salah satu cara untuk membangkitkan semangat berliterasi adalah dengan mengikuti suatu komunitas literasi, di mana komunitas tersebut dipegang oleh orang-orang yang serius dalam membimbing kita,” tuturnya.

Reporter: Ninik Nur Aini
Editor: Uswatun Kasanah

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close