Breaking News

KKN IAINU TUBAN DESA PULOGEDE SELENGGARAKAN SANTUNAN ANAK YATIM


Pulogede, Tambakboyo 2023

Dalam Melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) INSTITUT AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA’ TUBAN melakukan program kerja di Desa Pulogede Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.

Kegiatan ini merupakan Program dari devisi keagamaan yang dikoordinatori oleh M. Shofiyurrosad dengan sasaran 5 anak yatim dan piatu. Acara santunan anak yatim dan piatu ini dilaksanakan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1444 H yang dimana diperingati sebagai hari Asyura (suronan) bertujuan untuk memuliakan anak yatim piatu, sebagaimana diperintahkan dalam Q.S. An-Nisa’ (4) ayat 36, yang artinya “Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahaya yang kamu miliki.”, juga menumbuhkan nilai sosial kemasyarakatan.


Kepala Desa dan masyarakat Pulogede pun ikut menghadiri acara santunan anak yatim piatu ini, dengan susunan acara dimulai dengan pembukaan, dilanjur dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian sambutan dari Kepala Desa Pulogede, lalu pembacaan mahalul qiyam dan diakhiri dengan santunan anak yatim piatu diiringi pembacaan Shalawat yang dilantunkan bersama Mahasiswa KKN Kelompok 11 IAINU Tuban ,harapnya setelah kegiatan ini, Masyarakat dapat lebih memuliakan anak yatim-piatu serta dapat memupuk pribadi yang baik dengan berbagi, dan kasih sayang terhadap sesama guna mempererat persaudaraan sesama muslim dengan saling membantu dalam beramal baik.

Penulis : Levina Elysia Lazimatul Ainiyah , Mytha Fornia, Siti Wahyu Mauli Nafiah. (KKN Tematik Kelompok 11 Ds. Pulogede Kec. Tambakboyo IAINU Tuban 2023)

Editor      :Akhsanu Amala

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close