Mahasiswa KKN Gelar Workshop Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Penunjang Pendidikan Bersama Pendidik Desa Sotang



Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 7 IAINU Tuban Tahun 2023 menggelar kegiatan workshop Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Penunjang Pendidikan yang diselenggarakan di Balai Desa Sotang, pada Selasa (22/8). 

Workshop kali ini diikuti oleh guru dari lembaga pendidikan formal (SD, KB, TK) maupun non formal (TPQ) yang ada di desa Sotang. Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan KKN Kelompok 7 yang berkontribusi dalam pendidikan, karena hal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan para pendidik yang ada di Sotang yang kurang mengetahui pemanfaatan aplikasi canva sebagai penunjang pendidikan dengan harapan para pendidik desa Sotang bisa lebih kreatif dan inovatif. 

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, acara ini dimoderatori oleh Ruwitin (Mahasiswa KKN),  dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua KKN Kelompok 7, Sendi Dwi Renita. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang kedua, kepala Desa Sotang atau yang mewakili. Yakni disampaikan oleh bapak Sekretaris Desa, bapak Redian Eko Cahyono. Dalam sambutannya ia menyampaikan, "Semoga dengan adanya pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini dapat memberikan manfaat terutama kepada bapak ibu guru yang ada di desa Sotang, " ucap bapak Redian. Sebagai narasumber dalam workshop ini Layyinatul Mursyidah, mahasiswa KKN Kelompok 7. Ia menjelaskan bahwa manfaat aplikasi Canva sangat banyak, bisa membuat modul ajar, lembar kerja, buku, CV, poster, dan lain-lain. Dalam penjelasannya ia menjelaskan bahwa pendidik bisa menggunakan aplikasi canva secara gratis dengan cara menautkan akun canva dengan belajar.id.

Diakhir sesi peserta langsung praktek membuat lembar kerja melalui aplikasi canva sebagai penunjang pendidikan. Peserta sangat antusias, dan workshop ini mendapatkan respon positif dari pendidik, "Alhamdulillah akhirnya saya bisa memanfaatkan aplikasi canva, terimakasih mahasiswa KKN," ujar Ibu Mimi, guru SD Negeri Sotang. 

Reporter: Firyal Tahiyyah

Editor:Akhsanu Amala

Lebih baru Lebih lama

Random Products