Breaking News

Partisipasi Mahasiswa KKN IAINU Tuban dalam Kegiatan Jamaah Tahlil di Desa Klutuk Tambakboyo

Kegiatan KKN IAINU Tuban kelompok 08 bertempat di desa Klutuk Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban/Foto: LPM Makhibra

lpmmakhibra.com - Kegiatan KKN IAINU Tuban kelompok 08 bertempat di desa Klutuk Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban. Konsep kegiatan KKN di IAINU pada periode 2023 adalah KKN Tematik, yaitu kegiatan KKN dengan program kerja menyesuaikan tema dan subtema yang telah ditentukan. Pada setiap kelompok terbagi menjadi 4 devisi yaitu, devisi pendidikan, devisi keagamaan, devisi lingkungan kemasyarakatan, dan devisi kewirausahaan. Setiap devisi mempunyai program kerja masing-masing. Adapun salah satu program dari devisi keagamaan adalah berpartisipasi dalam kegiatan rutin jama’ah tahlil yang ada di desa Klutuk.

Nilai keagamaan desa klutuk sangat kental, hal ini dapat dilihat dari banyaknya jama’ah tahlil muslim maupun muslimah yang telah berlangsung sejak lama. Diantaranya yaitu, jama’ah tahlil At-Thoyyibah yang merupakan jama’ah tahlil dari ibu-ibu tim penggerak Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang rutin dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 18.30 – 20.30 WIB, jama’ah tahlil muslimat beranggotakan ibu-ibu muslimat dan warga desa Klutuk yang dilaksanakan rutin pada hari kamis pada pukul 18.30 – 21.00 WIB, dan lain-lain.

Kegiatan tahlil rutin tersebut dilaksanakan secara bergilir dari rumah anggota tahlil satu ke rumah yang lainnya, ini menunjukkan bentuk solidaritas dan tali silaturahmi yang kuat antar tetangga. Oleh karena itu persaudaraan warga desa Klutuk sangat erat dan saling membantu ketika mendapatkan musibah.

Mahasiswa KKN IAINU Tuban disambut sangat hangat oleh warga desa Klutuk sehingga diberikan kesempatan untuk mengikuti rutinan jama’ah tahlil At-Thoyyibah dan jama’ah tahlil muslimat. Adapun rangkaian kegiatan tahlilan diawali dengan pembacaan shalawat nariyah, yasin tahlil, dilanjutkan pembacaan asmaul khusna, mauidhzoh hasanah dari tokoh agama masyarakat sekitar, dan dilanjut dengan ramah tamah.

Mahasiswa KKN IAINU Tuban kelompok 08 juga diberikan kesempatan untuk mengisi tausiyah pada kegiatan tahlilan. Tausiyah diisi oleh salah satu teman mahasiswa KKN IAINU Tuban dengan mengusung tema semangat menuntut ilmu.

Masyarakat terlihat antusias dan mendengarkan secara seksama, karena tema yang diambil sangat mudah untuk dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari serta bersangkut paut dengan kehadiran mahasiswa KKN IAINU Tuban di desa Klutuk dalam rangka menuntut Ilmu dan mencari pengalaman. 

Kegiatan jama’ah tahlil rutin ini mempunyai program kerja dan tradisi yang sangat bagus. Salah satu program kerja jama’ah tahlil ini adalah memberikan santunan anak yatim/piatu yang dilaksanakan 1 tahun sekali dibulan Muharram.

Tradisi desa Klutuk seusai tahlilan adalah ramah tamah, dengan pemilik rumah menyediakan makanan berupa camilan, minum, dan nasi untuk jama’ah yasinan. Bukan hanya itu saja setelah kegiatan tahlilan selesai pemilik rumah juga membawakan buah tangan untuk dibawa pulang.

Kegiatan yasinan ini dapat dijadikan contoh untuk mengajarkan kita lebih mengingat ibadah kepada Allah SWT, mendapat ilmu baru, berbagi dengan sesama, melatih kita untuk bersedekah, dan mempererat tali silaturahmi sesama tetangga.

Penulis: Iva Badiatus Sholihah
Editor; Akhsanu Amala

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close