Breaking News

Upacara Hari Santri Sebagai Bentuk Semangat Juang kepada Tanah Air

Salah satu peserta yang ikut serta mengikuti upacara/Foto: LPM Makhibra

lpmmakhibra.com - Minggu, 22 Oktober 2023 pukul 07:07 WIB di pelataran depan gedung perpustakaan IAINU Tuban telah dilaksanakannya upacara bendera hari santri yang diikuti oleh para santri dari berbagai kalangan seperti anak-anak IPNU, IPPNU, santri dari pesantren-pesantren yang ada, ibu-ibu Fatayat, ibu-ibu Muslimat, Banser, GP Ansor, Pagar Nusa, dan juga dari instalasi pendidikan yang turut serta mengikuti upacara bendera hari santri di antaranya dari kampus Unirow, SMK YPM Ma’arif NU, dan anak-anak MI generasi penerus NU juga ikut menyemarakkan suasana pagi itu. 

Upacara bendera hari santri berjalan dengan lancar, dari protokol yang membawakan jalannya acara, dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, Subbanul Wathon, dan mars hari santri. Tak lupa beberapa sambutan dari pembina upacara yang berisi tentang pengesahan hari santri pada 15 Oktober 2015 lalu, dan meresmikan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober. 

Dengan adanya upacara hari santri yang diadakan setiap tahunnya mampu memberikan semangat juang dalam diri generasi saat ini bahwasanya para santri juga ikut serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di mana jembatan merah yang terletak di kota Surabaya termasuk sebagian bukti dari perjuangan para santri menghentikan Belanda. 

Adapun upacara hari Santri di Tuban telah digelar tidak hanya di kampus IAINU Tuban sendiri namun juga di alun-alun Tuban, lapangan bola Jenu, dan sekolah-sekolah negeri juga mengadakan upacara hari santri di lingkungan mereka. Ini adalah tanda bahwasanya perjuangan para santri tetap menjadi bagian dari api yang siap mengobarkan semangat juang dalam diri para warga negara Indonesia. 

Reporter : Maulida Sufi Hindun
Editor     : Akhsanu Amala

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close