Breaking News

Pesta Literasi, Bazar Buku Kini Hadir Kembali di Gedung Budaya Loka Tuban

Anggota dan Pengurus LPM Makhdum Ibrahim Kampus IAINU Tuban mendatangi bazar buku di Gedung Budaya Loka Tuban/Foto: LPM Makhibra
LPM Makhibra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Kabupaten Tuban disetiap tahunnya pasti menyelenggarakan bazar buku.

Pesta Literasi dengan kegiatan Bazar Buku kini kembali hadir di kota bumi wali, mulai 20 November hingga 10 Desember 2023 buka jam 09.00 hingga 21.00 WIB, menggelar ribuan buku di Gedung Budaya Loka Tuban, yang resmi dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Kab. Tuban Bapak Drs. Eko Arif Yulianto. M.M, pada Senin (20/11) pagi tadi. 

Kepala Dispersip Tuban, Nur Khamid dalam keterangannya ia menyampaikan bahwa kegiatan ini berdasarkan arahan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky. Yang bertujuan lebih memperbaiki dan menguatkan literasi di kabupaten Tuban.

"Disadari bahwa saat ini toko buku di Tuban hampir tidak ada, padahal masyarakat butuh akses buku berkualitas, terjangkau, apalagi bisa murah," ungkap Kepala Dispersip kabupaten Tuban. 

Bazar buku kali ini menggandeng penerbit Mizan Pustaka dari Bandung, tak hanya menyediakan buku-buku lokal melainkan juga buku-buku internasional serta permainan edukatif untuk anak-anak, yang dibandrol dengan harga murah serta diskon besar-besaran, diskon yang diberikan pun sangat besar, buku anak yang biasanya dijual harga mahal, kini dengan uang 100rb bisa dapat 3.

Selain itu masih banyak lagi diskon yang diberikan, buku yang dipasarkan pun beragam mulai dari buku anak-anak, novel, buku agama, self improvement, dan masih banyak lainnya, serta berbagai macam permainan edukatif anak pun tersedia di sana, selain kita berbelanja buku disana kita pun juga beramal untuk saudara kita yang ada di Palestina,

Menurut keterangan bapak Nur Khamid, Kapala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tuban mengatakan, pihaknya akan menyalurkan hasil keuntungan dari bazar buku tersebut ke Palestina sebagai bentuk dukungan terhadap negara tersebut yang saat ini terlibat perang.

"Tanggal 23 hingga 30 November,  seluruh keuntungan dari penjualan dalam kegiatan ini akan didonasikan untuk Palestina," tegasnya. 

Teman-teman LPM tadi setelah melaksanakan kegiatan pertemuan dengan calon anggota baru LPM Makhibra langsung menuju gedung Budaya Loka untuk hunting buku di sana. 

Ingat dengan pepatah, Buku adalah jendela dunia bila kita membaca maka kita akan melihat betapa luasnya dunia, karena, today a reader,  tomorrow a leader–Margaret Fuller, jurnalis dan sastrawan terkemuka di abad ke-19. Kutipan ini memiliki arti dan makna yang kuat, bahwa pemimpin-pemimpin hebat berawal dari pembaca hebat yang menghabiskan masa mudanya dengan berbagai buku.

Reporter: Layyinatul Mursyidah
Editor    : Akhsanu Amala

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close