Breaking News

Penguatan Nilai-Nilai Aswaja dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bersama PK IPNU IPPNU IAINU Tuban


Ahad, 3 Desember 2023. PK IPNU IPPNU IAINU Tuban adakan seminar ke-aswajaan dengan mengusung tema, "Penguatan Nilai-Nilai Aswaja dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" dengan mengambil Pemateri dari pembina PK IPNU IPPNU IAINU Tuban, yakni Jamal Ghofir S.Sos.I, M.A. yang juga Dosen Aktif di IAINU Tuban. Tepat pukul 09.50 WIB, pembukaan acara secara ceremonial dimulai. Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Syubbanul Wathon, dan mars IPNU IPPNU. Dilanjut dengan sambutan dari ketua PK IPNU dan IPPNU, serta ditutup dengan doa. 

Sejarah Aswaja muncul sebagai reaksi terhadap faham kelompok Mu'tazilah, yang dikenal sebagai "Kaum rasional Islam". kelompok ini lebih mengedepankan pemahaman teologi islam yang bersifat rasionalis (aqli) dan liberalis.  Ahlussunnah wal Jama'ah sebenarnya sudah ada jauh sebelum tumbuh sebagai aliran dan gerakan, bahkan istilah Ahlussunnah itu sudah dipakai sejak zaman Rosulullah SAW dan para sahabat. Sebab hakikat Ahlussunnah wal Jamaah sebenarnya adalah islam itu sendiri. 

Tepat pukul 11.30 WIB, acara seminar berakhir. "Untuk segala tantangan dalam berorganisasi, Jalani semua ini dengan penuh Khidmah, sebab apapun yang dijalani dengan ikhlas dan Khidmah dan Insyaallah semuanya akan mudah". Tutur Jamal Ghofir untuk menguatkan para kader IPNU IPPNU agar seraya bersemangat dalam berorganisasi.


Repoter    : Lathifatul Aulia

Penulis     : Akhsanu Amala

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close