Breaking News

Ngabuburit Menjadi Identitas saat Ramadhan

       Ramadan merupakan bulan yang paling di tunggu-tunggu umat muslim, bulan yang spesial, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh ampunan. Bulan Ramadan sangat dibedakan dengan bulan-bulan biasanya, karena pada bulan Ramadan ini banyak tradisi-tradisi yang tentunya hanya ada pada bulan Ramadan dan tidak ada pada bulan lainnya. 

          Salah satunya tradisi pada bulan Ramadan yang sering kali kita sebut dengan "Ngabuburit". Ngabuburit sendiri merupakan tradisi yang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia, terutama menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan. Tradisi ngabuburit pada bulan Ramadan ini bisa menjadi momen yang sangat spesial dan bermakna bagi umat Islam di seluruh Indonesia. 

Dengan adanya tradisi Ngabuburit  pada bulan Ramadan dapat dijadikan sebagai wadah untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti berbagi makanan berbuka puasa (Takjil) atau memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, Ngabuburit dapat menjadi sarana untuk berbuat kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

      Selain itu, Ngabuburit juga bisa menjadi ajang untuk mempererat silahturahmi kepada sesama umat muslim, karena biasanya banyak stand jajanan yang berbagai macam di pinggir-pinggir jalanan. Dengan cara kita membeli jajanan tersebut sama halnya kita telah menyambung dan mempererat silahturahmi.

Dengan adanya kita  memanfaatkan tradisi Ngabuburit secara positif, diharapkan umat Islam dapat merasakan keberkahan dan kebahagiaan yang mendalam selama bulan suci Ramadan. Semoga Ngabuburit pada Ramadan kali ini tidak hanya menjadi ajang hiburan semata, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Penulis : Siti Febriana

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close