Breaking News

Ponpes Darul Ma'arif Bersama Kampus IAINU Tuban Adakan Peringatan Nuzulul Qur'an dan Santunan Anak Yatim

        

      
       Pada malam minggu yang penuh berkah, tepat tanggal 30 Maret 2024 M / 20 Ramadhan 1445 H, Pondok Pesantren Darul Ma'arif (PPDM) bekerjasama dengan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban dan masjid Darul ilmi menggelar sebuah acara yang penuh makna, yaitu perayaan Nuzulul Qur'an dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim. Acara tersebut berlangsung di gedung Hasyim Asy'ari Kampus IAINU Tuban.

        Acara dimulai sekitar pukul 20.00 WIB setelah berakhirnya Sholat Tarawih, dan berlangsung hingga larut malam. Yang dihadiri oleh peserta dari berbagai kalangan, dimulai dari kalangan dosen kampus IAINU Tuban, perangkat desa, wali santri dan tamu-tamu undangan lainnya. 

Sebelum acara resmi dimulai, dibuka dengan penampilan dari grup Hadrah El Firdaus Putri, yang membawakan 4 lagu sholawat. Setelah penampilan grup hadrah, dibukalah acara resmi dengan dibawakan oleh MC dua bahasa yakni bahasa Arab dan Indonesia. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al-qur'an, lalu menyanyi lagu ya lal wathan, kemudian mahalul qiyam oleh grup hadrah PPDM laki-laki, tak juga ketinggalan pemutaran video clip kegiatan santri PPDM selama satu tahun terakhir seperti pada tahun-tahun sebelumnya. 

           Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Yudi Ariyanto, selaku pengasuh dari Pondok Pesantren Darul Ma'arif, yang menghantarkan sambutan hangat serta doa restu untuk kelancaran acara ini serta makna-makna penting yang terkandung dalam peristiwa Nuzulul Qur'an. Beliau juga mengatakan alasan kenapa acara Nuzulul Qur'an ini tidak dilaksanakan tepat pada tanggal 17 ramadhan melainkan pada malam ke 20 nya, di karenakan bertepatan dengan besok pagi kepulangan para santri PPDM. Tak lupa juga beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara dan para wali santri yang ikut menyumbangkan sebagian dananya untuk keberlangsungan acara ini. 

Sambutan berlanjut dengan kata-kata bijak dan penuh kasih dari Bapak Imam Supriadi, Ketua Takmir Masjid Darul Ilmi, yang menyoroti Pentingnya pendidikan pesantren anak sejak usia dini untuk memperkuat mental dan akhlak anak. 

Tidak ketinggalan, Rektorat Kampus IAINU, yang diwakili oleh Bapak Suprianto, menyampaikan apresiasi yang tulus atas kerjasama yang erat antara Pondok Pesantren Darul Ma'arif dan IAINU dalam menggelar acara yang sarat akan nilai-nilai keagamaan dan kepedulian sosial ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan beberapa tampilan yakni tari saman dari santri Tpq  Darul Ma'arif yang dibawakan dengan meriah. Dilanjutkan tampilan musikalisasi puisi merupakan gabungan dari santri Tpq dan santri Pondok Pesantren Darul Ma'arif Tuban. 

        Dilanjut penyerahan piagam syahadah munaqosah Tpq dan piagam santri Pondok Ramadhan (pondan) yang telah mengalami suka duka selama 21 hari menjalani pelatihan mondok di PPDM. Disusul acara pemberian santunan anak yatim berjumlah sekitar 10 anak. 

Disusul acara maulidhoh khasanah yang disampaikan oleh Bapak shofi yang berisikan tentang sejarah Nuzulul Qur'an dan malam lailatul qadar. Beliau juga mengatakan bahwa didalam Qur'an itu sudah mencangkup apapun yang ada di seluruh dunia. Contohnya saja negara Indonesia berada di salah satu ayat di surat yasin. Acara kemudian ditutup dengan doa. Dan tak lupa juga semua peserta berkumpul dalam sebuah foto bersama, sebagai kenangan yang akan selalu diingat, sekaligus sebagai bukti nyata dari semangat kebersamaan dan kepedulian yang mengalir di antara para hadirin.

Reporter : Shollaini dan Wafiq Habibah

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close