Breaking News

PONPES DARUL MA'ARIF TUBAN GELAR RIHLAH ZIARAH WALI ALLAH JAWA TIMUR

Dalam menyambut bulan Ramadhan 1445 H, pondok pesantren Darul Ma'arif tuban kembali memutar rutinitas tahunannya. Rutinitas itu berupa rihlah (dalam bahasa Indonesia artinya perjalanan). Wisata religi ziarah makam para auliya dibeberapa daerah di Jawa Timur. 

Agenda ini dilaksanakan pada 6 hingga 7 maret 2024 M, guna memanfaat waktu liburan kuliah IAINU Tuban semester ganjil.

Biaya yang dikeluarkan masing masing mahasiswa adalah Rp175.000. Dengan uang muka pendaftaran Rp 50.000, sedang sisanya bisa diangsur, atau bisa dibayar secara lunas. 

Pondok pesantren Darul Ma'arif tidak hanya mengajak santri-santri pondok saja, tetapi juga mengajak santri Tpq Darul Ma'arif beserta wali santrinya, dan tak luput juga mengajak alumni pondok tersebut. 

Pada mulanya ada 7 tujuan wisata yaitu makam K. H Abdul Wahab Hasbullah, makam K. H Jamaluddin Ahmad, makam Gus Dur, makam Sunan Ampel, makam sayyid Jumadil Kubro, makam K. H Abdul Hamid Pasuruan, dan wisata Cimory Dairyland Prigen. Akan tetapi ditengah perjalanan panitia mengubah nya menjadi 6 tujuan, karena jalan yang harus ditempuh menuju lokasi makam Sunan Ampel yang harus memutar.

Keberangkatan para peziarah dimulai pada jam 2 dini hari tanggal 6 mengunakan 2 bis dengan sebanyak 94 orang. Pada jam 4 pagi Bis sampai di makam K. H Abdul Wahab Hasbullah. Disana para peziarah melaksankan sholat subuh, dan sarapan yang sudah disiapkan panitia. Dilanjutkan ke makam K. H Jamaluddin Ahmad di pondok Bachrul'ulum Jombang, makam gus dur, lalu ke makam sayyid Jumadil Kubro. Lalu berhenti disalah satu masjid di perjalanan Untuk sholat dzuhur dan mandi. Tepat pada jam 14.45 dilanjutkan perjalanan ke wisata Cimory Dairyland Prigen. Sampai dilokasi pada jam 16.30. Lalu pada pukul 17.00 dilanjutkan ke perjalanan selanjutnya yaitu makam K. H Abdul Hamid Pasuruan dan lokasi tersebut merupakan tujuan terakhir. Sampai di makam K. H Abdul Hamid Pasuruan itu pada waktu maghrib. Lalu pada pukul 21.00 perjalanan kembali pulang. Sampai di tuban pada tengah hari. 

Tahun ini tour wisata religi tidak hanya mengunjungi ziarah makam Waliyullah tapi juga berkunjung ke destinasi wisata Cimory Prigen. Lokasi Cimory Dairyland Prigen berada di Jalan Raya Prigen No. 8 Prigen, Jawa Timur. Nntuk jam operasional wisata Cimory Dairyland Prigen bisa dikunjungi di weekday dari jam 09.00-17.00. Sedangkan saat weekend jam 08.00-17.00. Terdapat 4 wahana edukasi di Cimory Dairyland Prigen. Harga tiket mulai dari Rp 20.000 selain hari weekend. Di Cimory Dairyland Prigen banyak spot-spot foto yang menarik untuk dijadikan story whatsapp, instagram, Facebook dll.

Reporter : Wafiq Habibah

Fotografer : Nasimul Askiya

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close