Breaking News

BEM IAINU Tuban Akan Menyambut Matahari Barunya


          Sudah sekian lama masa kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAINU Tuban tahun 2022/2023 akhirnya menutup usianya, dan pada hari ini Senin, 29 April 2024 pukul 13:05 WIB BEM IAINU Tuban merealisasikan Kongres BEM untuk pergantian Presma (presiden mahasiswa) BEM IAINU Tuban. Acara pembukaan dimulai dengan seremonial, dilanjut menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Shubanul Wathon dan sambutan-sambutan para dosen serta ketua pelaksana. Kemudian acara inti pun dimulai yaitu pembacaan tata tertib persidangan. Adapun kongres BEM kali ini dihadiri oleh beberapa delegasi dari setiap UKM dan kelas, serta Hima prodi yang ada, seperti apa yang dilaksanakan di tahun sebelumnya, panitia hanya menganjurkan delegasi sebanyak dua orang. Tidak termasuk para anggota BEM IAINU tahun 2022/2023. Acara ini bertempat di aula gedung KH Hasyim Asy’ari kampus IAINU Tuban.

    Setelah pembacaan tata tertib persidangan, dilanjutkan pembacaan tata tertib pemilihan presiden mahasiswa, syarat-syarat sebagai peserta aktif, peserta pratinjau, dan kemudian dilanjutkan oleh pergantian pimpinan sidang yang membacakan pasal-pasal pengurus BEM IAINU tahun 2022/2023. Pada pukul 14:42 WIB, pengurus BEM IAINU tahun 2022/2023 resmi didemisionerkan oleh Bapak Supri selaku kebijakan kemahasiswaan.

     Setelah penantian lama, serta perjuangan serba-serbi yang dirasakan para pengurus BEM IAINU Tuban tahun 2022/2023, akhirnya di detik ini pada hari ini mereka resmi pamit undur diri sebagai pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa IAINU Tuban.

   Setelah pendemisioneran pengurus BEM, pimpinan sidang melanjutkan sidang pleno terkait pencalonan presiden mahasiswa. Yang awalnya jika ada dua Paslon presiden mahasiswa, maka pemilihan presiden mahasiswa akan diadakan secara publik. Artinya, seluruh mahasiswa IAINU Tuban dipersilahkan memilih presiden mahasiswa yang mereka idamkan. Akan tetapi untuk saat ini peserta yang hadir tidak ada yang mengajukan diri sebagai calon presiden mahasiswa dan wakil presiden mahasiswa. Sementara itu sudah ada dua Paslon presiden mahasiswa yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti paslon Sefti Hasan Khusaini dan Zumrotun Nafisah. Karena tidak ada lagi peserta Kongres BEM yang mengajukan diri sebagai calon presiden mahasiswa, maka pembentukan presiden mahasiswa baru untuk tahun 2023/2024 kali ini akan dilakukan secara afirmasi. Seperti saat pemilihan Presiden Innayah di tahun kemarin, afirmasi kali ini terjadi sebanyak dua kali berturut-turut.



     Maka pada sore pukul 15:43 WIB hari ini, Sefti Hasan Khusaini dan Zumrotun Nafisah resmi terpilih sebagai presiden mahasiswa dan wakil presiden mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa IAINU Tuban. Tentunya hal ini bukanlah hal mudah, karena menjadi bagian dari sosok yang memimpin kesejahteraan mahasiswa kedepannya akan menjadi tantangan yang tak biasa bagi diri Sefti Hasan Khusaini sebagai presiden mahasiswa IAINU Tuban yang baru.

“Berharap kedepannya saya bisa memenuhi dan mengisi kontribusi dengan visi misi saya. Kolaboratif dalam konteks merangkul semua aspek yang ada di kampus seperti UKM dan Hima prodi IAINU Tuban. Karena dengan adanya ikatan kekeluargaan inilah akan menjalankan teori pendekatan dalam organisasi yaitu pendekatan parental.” Imbuh Sefti Hasan Khusaini, selaku presiden mahasiswa terpilih.

    Perlu adanya evaluasi diri terhadap organisasi kepada para warga kampus IAINU Tuban tentang pentingnya acara Kongres BEM yang memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk mengajukan diri menjadi bagian dari Badan Eksekutif Mahasiswa. Karena di IAINU Tuban sendiri pun jika ada Kongres BEM seperti ini, spirit mereka sebagai mahasiswa sportif seperti tidak ada. Padahal jika seandainya afirmasi berkedok dipilih sendiri (sebagian mahasiswa mengungkapkan BEM tidak ada kontribusi apa-apa, alih-alih BEM seperti DPR RI saat ini) tidak terlaksana, mungkin pemilihan dua paslon apabila para mahasiswa ikut berpartisipasi dalam kongres BEM ini.

Penulis : Maulida Sufi Hindun

Editor : Alfia Rahma N.K.

 

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close