Breaking News

LPM MAKHIBRA IAINU TUBAN GELAR PELATIHAN JURNALISTIK DASAR DAN KUKUHKAN ANGGOTA BARU: “Langkah Awal Menuju Jurnalistik Profesional”


“Menjejak kreativitas, digitalisasi,dan kecerdasan dalam berkarya di lembaga pers mahasiswa.”



Tuban, 1 Juni 2024 — Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) MAKHIBRA IANU Tuban mengadakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar dan pengukuhan anggota baru dengan tema "Menjejak Kreativitas, Digitalisasi, dan Kecerdasan dalam Berkarya di Lembaga Pers Mahasiswa". Acara ini berlangsung di kampus IANU Tuban selama dua hari, yaitu pada tanggal 1-2 Juni 2024.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik para anggota baru LPM MAKHIBRA serta memperkaya wawasan dan keterampilan mereka dalam bidang pers mahasiswa. Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan tiga materi utama: desain grafis, jurnalistik, dan public speaking.

Pada sesi desain grafis, peserta diberikan materi tentang elemen desain, tipografi, dan media desain. Mereka diajarkan bagaimana memanfaatkan elemen-elemen tersebut untuk menciptakan karya yang menarik dan komunikatif.

 

Sesi kedua berfokus pada teknik-teknik jurnalistik, khususnya teknik wawancara. Peserta diajari cara mencari ide berita, menulis berita yang menarik, dan berbagai teknik wawancara yang efektif. Pengetahuan ini diharapkan dapat membantu peserta dalam menghasilkan berita yang berkualitas dan informatif.

 

Sesi ketiga mengajarkan tentang public speaking. Dalam sesi ini, peserta diperkenalkan pada teori 3V, yang meliputi visual, verbal, dan vokal. Pada aspek visual, peserta diajari tentang gestur tubuh yang tepat saat berbicara di depan umum. Aspek verbal mencakup penggunaan intonasi dan volume suara, sementara aspek vokal menekankan pentingnya berbicara dengan teratur, terstruktur, dan terukur.

 

       Dengan pelatihan ini, LPM MAKHIBRA IANU Tuban berharap para anggotanya dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi jurnalis yang kreatif, adaptif terhadap perkembangan digital, dan cerdas dalam menyampaikan informasi kepada publik. Acara ini juga menjadi momen penting untuk mengukuhkan komitmen para anggota baru dalam berkontribusi di bidang pers mahasiswa. Sebagaimana yang dikatakan oleh Bapak Abdur Rohim, “Libur itu mitos bagi wartawan” semangat untuk terus berinovasi dan berkarya di dunia jurnalistik harus tetap terjaga.

        

     Dengan semangat ini, kami yakin para anggota LPM MAKHIBRA IANU Tuban akan menjadi kekuatan yang berpengaruh dalam dunia jurnalistik. Mari kita terus bergerak maju dan menyuarakan kebenaran dengan penuh dedikasi. Bersama-sama, kita bisa menciptakan perubahan yang positif dan membawa dampak yang nyata bagi masyarakat. Terima kasih atas komitmen dan semangat yang telah ditunjukkan. Selamat berjuang!

Penulis : Kelompok 2 PJTD IX


 

Advertisement

Cari sesuatu di sini

Close